Wednesday, February 21, 2007

Binatang juga berpuasa


Kalangan sarjana kedokteran hewan di London belum lama ini menemukan sejumlah binatang yang menjalani praktik puasa secara berkala.

Penelitian yang dilakukan dikebun binatang di London itu menyebutkan, ular berpuasa sebulan dalam setahun, terutama setelah mempersiapkan makanan cadangan diperutnya. bagi ular puasa diperlukan guna meningkatkan suhu badan hingga beberapa derajat diatas normal guna melakukan pergantian kulit baru.

Biawak lebih khusus lagi. Ia menjalankan praktik puasa selama empat bulan.

Ayam betina melakukan praktik puasa setiap kali mengeram telurnya. Seekor induk ayam yang malas berpuasa akan mengakibatkan pembusukan pada telur yang dieraminya.

Unta berpuasa secara rutin, karena perutnya berisi kantong air cadangan yang cukup untuk menyuplai kebutuhannya selama tiga minggu, dan punggungnya yang menonjol berisi lemak. Dalam keadaan darurat cadangan lemak itu secara otomatis bisa berproses menjadi cairan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Makanya, unta dikenal sebagai binatang padang pasir yang dapat menempuh ratusan kilometer selama berhari-hari tanpa harus makan dan minum. (berbagai sumber)

No comments: